Jumat, 24 Februari 2017

kebun pala

gmbr 1 :pala umur 5 thn

Disini saya akan membagi pengalaman saya tentang bagaimana cara menanam tanaman pala.
Tanaman pala memang prospeknya untuk kedepan cukup bagus,,dan untuk panennya tidak sulit jika dibandingkan dengan tanaman yg lain (kelapa).
Sebelum saya melanjutkan tentang bagaimana cara menanam tanaman pala tentunya saya akan menceritakan dulu bagaimana awalnya saya sampai bisa menanam tanaman ini..
Awalnya saya adalah karyawan swasta,saya berpikir menjadi karyawan swasta bukanlah suatu jaminan untuk masadepan nanti,bisa saja suatu saat bisa diPHK atau dimutasi atau lain2 sbgnya..

pada saat itu orangtua saya menyuruh memanfaatkan lahan kebun kelapa yang dibawahnya bisa ditanam tanaman pala yang memang cocok untuk tanaman pala dan sama sekali tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan kelapa dan juga sebaliknya..
Menanam tanaman pala tidaklah sesulit yg qt bayangkan,,pada awalnya saya menanam pala tidak punya pengalaman apa2,sehingga pada proses tanam pertama banyak yg gagal hehehehehee

Mengapa bisa gagal broo ?????
Waktu itu saya mengambil bibit dibawah pohon pala yg sudah tua kira2 umur pohon pala sekitar 20 tahun,,dibawahnya ada pala yang sudah tumbuh tingginya sekitar 5 cm disaat itu saya cabut semuanya dan saya tanam hehehhehee Gagal total .
Maka saya ceritakan ke papa masalah tersebut,papa sarankan lebih bagus ambil bijinya dan disemai ke dalam polibag tapi bijinya harus benar2 sudah tua dan diambil dipohon yang sudah tua jugaa ya broo contoh Gmbr dibawah ini :
                gmbr 2 :biji pala yg sdh tua


                 gmbr 3 :Pala yg ditanam langsung tanpa menggunakan polibag,,pertumbuhannya lebih cepat jika dibandingkan dengan yg pakai polibag


                  gmbr 4 :Pala yg sudah keluar tunas umur 60 hari


                                   gmbr 5




                             gmbr 6


                           gmbr 7 :pala umur 6 tahun


             gmbr 8 :hasil panen pertama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar